7 Alasan orang membenci MLM



Hari ini saya membaca sebuah tulisan di Kaskus yang membahas tentang jeleknya sistem MLM. Disana banyak sekali pendukung anti MLM yang bersuara, anda bisa lihat dengan klik disini. Pertanyaannya, apakah 3i Networks juga seburuk MLM-MLM yang mereka bahas ? Saya akan mencoba mengomentarinya, semoga 3i Networks tidak seperti MLM-MLM yang mereka ungkap itu selama-lamanya. Aamiin.

Judul Tulisan di Kaskus : 7 Alasan Gua Amaat Sangat Benci Sekali MLM

1. Sistem pembagian keuntungan yang ga masuk akal

Coba kaskuser perhatikan perbedaan 2 jalur distribusi berikut, ( misalkan aja produknya teh hijau) :

Keadaan Umum
Jalur perdagangan : Produsen (Dalam hal ini petani, mengambil untung sekitar 20%) >-- Pengolah (teh ini difermentasikan dan dipak, dia ambil untung 20%) >-- Distributor (distributor biasanya hanya ambil untung maks 5%, dia ngejarnya omzet) >-- Pedagang besar (ambil untung 5-10%) >-- Pedagang kecil (ambil untung 20%) >-- Pembeli (dapet keuntungan bisa bikin teh enak dgn harga wajar)
- Disini semua yang terlibat dalam rantai distribusi ini mendapat keuntungan, bahkan sampai ke pembelinya.

Keadaan di MLM
Sistem MLM : Produsen (Ngakunya pabriknya di China, Amerika, Kanada, ambil untung entah berapa besarnya) >-- Biang keroknya MLM (ni juga ga tau ambil untung berapa, yang jelas besar bgt, ampe bonusnya aja kapal pesiar) >--Distributor (sering juga disebut stokist, tiap anggota MLM itu berhak beli dgn diskon 20%. Tapi ni bukan berarti keuntungannya 20%, dia dapat lebih dari itu, sebab ongkos produksi produk tadi tak mungkin semahal itu) >-- Downline yang bawah2 (ini sih ga dapet untung sama sekali, mereka cuma ngejar tutup point biar keanggotanya ga dicabut) >-- Pembeli (biasanya orang yang sungkan karena sang MLM tu temen ato sodaranya. Ato orang yang beli karena ingin bergabung. Mereka dapet produk yang belom tentu lebih baik dengan harga berlipat)
- Liat kan, semakin bawah tu semakin diperas. Beda dengan jalur perdagangan. Di jalur perdagangan yang bawah emang dapet untung lebih sedikit, tapi tetep untung. Di sistem MLM, mereka yang bawah ini setor duit buat yang atas

Keadaan di 3i Networks
Produk yang dijual adalah asuransi unitlink promixed, jadi bukan berupa barang (maaf kalau keluar dari contoh). Dimana hasil pembagiannya jelas, yaitu diambil dari akuisisi uang pembayaran premi anggota yang mana pada perusahaan asuransi konvensional uang ini merupakan reward bagi agen asuransi yang berhasil 'merekrut' nasabah baru. Nah di 3i Networks agen tidak mendapatkan hal ini, dan uangnya diberikan kepada nasabah yang berhasil mengajak orang lain untuk ikut berasuransi di CAR lewat 3i Networks. Agen tetap ada karena legal mengharuskan itu dan ia bertanggungjawab atas tiap ajuan form nasabah baru. Dilain pihak, meski uang nasabah diakuisisi, namun nasabah akan bisa mendapatkan uangnya kembali secara utuh plus nilai investasinya setelah masa 'wajib' bayar premi selesai yaitu 5 tahun. Jadi disini tidak ada yang dirugikan. Perusahaan untung, agen/nasabah yang jadi sponsor untung dan nasabah yang diajak juga untung. Jauh dari apa yang ada di perusahaan MLM konvensional, dan memang 3i Networks bukan perusahaan MLM karena ini hanyalah salah satu sistem dari A.J. CAR untuk mencapai target Premi 1,1 Triliun di 2015


2. Mereka mencuci otak temen2 gua

Dulu sih temen baik, tiap diajak ngomong nyambung. Tapi sekarang begitu dia ikut MLM, omongannya tu tentang passive income, membangun jaringan, blablabla, pokoknya promosi melulu. Kita ngomong yang laen pun dia tetep kekeh promosiin MLM nya dia. Alhasil kita2 temen lamanya pun jadi ogah ngajak dia maen2 lagi….

Di 3i Networks
Kita tidak akan mencuci otak siapapun, kita hanya akan mengenalkan sebuah kesempatan untuk ikut asuransi dengan premi yang sangat murah dibanding asuransi umumnya, apalagi disini bukan saja proteksi yang didapatkan namun juga investasi yang akan terus berkembang. Ngomongin 3i Networks tidak usah ngotot dan full power, apalagi pakai argumen cuci otak, kita woles saja, toh kalau ada yang ikut, diharapkan keikutsertaannya karena sadar manfaat dan peluang. Sedangkan bagi yang menolak, ya silahkan, toh tidak akan ada kerugian apapun bagi anggota 3i Networks, meski ia tidak mendapat 1 pun orang yang diajak, ia akan tetap mendapatkan keuntungan luar biasa dari asuransi dan investasinya. Mungkin ia hanya kehilangan kesempatan bisnisnya, namun semakin banyak ia ditolak ajakannya, pasti ia akan semakin banyak belajar bagaimana mengajak orang dengan baik-baik untuk mengambil rencana yang benar.


3. Mereka selalu menyembunyikan maksud kedatangan mereka

Tukang nasi goreng aja teriaknya di kampung2 juga “NASI GORENG”, karena mereka bangga akan dagangan mereka dan yakin dagangannya bisa dijual tanpa banyak boong. Sedangkan agen2 MLM ni, ga mungkin mereka telpon minta ketemuan njelasin kalo mereka mao nawarin MLM. Kalo agen ini udah kenal, dia bakalan ngajakln maen ato nongkrong ke mana. Bahkan ada yang ampe bilang “Nanti aq kenalin temen2 kerjaku sekalian, Cakep2 lho”… Kalo mereka emang mao jualan produk, kenapa harus boong duluan????

Di 3i Networks
Sejak awal seyogyanya siapapun yang mau mengenalkan program 3i Networks tidak minder untuk jujur dan memang tidak ada yang perlu diminderkan. Ingat, 3i Networks tidak merugikan nasabah sedikitpun, 3i Networks dibangun oleh perusahaan asuransi yang lahir sejak 1975 dan diback up oleh salim group yang notabene konglomerasi terbesar Indonesia, 3i Networks legal dan diawasi resmi oleh OJK, 3i Networks dibangun oleh perusahaan dengan segudang prestasi dibidang asuransi baik konvensional maupun syariah.... dan masih banyak lagi. Jadi dari sisi mana nasabah program 3i Networks punya alasan untuk minder lalu takut berbohong? So, bila mengenalkan 3i Networks mari kita jujur saja dari awal, biarlah calon nasabah yang menilai dengan jujur bagaimana program ini. Karena kepercayaan dari nasabah sangat penting untuk kelanggengan suatu usaha. 


4. Melebih2kan khasiat barang dagangannya

“Ibu A sembuh dari kanker setelah makan suplemen kami. “

“Si B sakit jantungnya bcor derajat 4, dokter sudah memvonis mati, tapi sembuh setelah minum obat kami….”

Sadar Mas, Mbak. Yang kalian tawarkan tu suplemen, alias bahan2 yang sebenarnya ada dalam makanan kita, namun dibuat suplemen untuk jaga2 kalo makanan kita kurang seimbang… Lagian kalo benar tu MLM udah nemuin obat kanker, jantung bocor, Diabetes Melitus, Gagal Ginjal Kronis, lumpuh pasca stroke….. Ga usah satu obat nyembuhin semua. Satu obat nyembuhin satu aja anda sudah dipastikan dapet NOBEL DI BIDANG KEMANUSIAAN
Mempercayai testimoni dari mereka yang mendapat keuntungan dari testimoni tersebut adalah hal yang sangat suangaattt konyollll…

Di 3i Networks
Alhamdulillah produk kita bukan barang seperti itu, namun produk kita adalah asuransi unitlink. Disini tidak ada yang dilebih-lebihkan, yang ada adalah sesuai keterangan dalam SPAJ dan lampiran-lampirannya tentang informasi asuransi dan semua telah disepakati dari awal. Semua biasa-biasa saja, anda gabung, bayar premi rutin sampai masa wajib selesai dan anda dapat proteksi, investasi serta kesempatan bisnis. Memang, ada sebagian nasabah dalam program 3i Networks yang masih bermental MLM kuno, dimana alih-alih mengedukasi temannya agar mengerti manfaat 3i Networks, justru mereka pamer tentang orang-orang yang sudah sukses dan iming-iming uang banyak dari sistem MLM 3i Networks. 

Sesungguhnya, hal ini kurang bijak. Karena seharusnya siapapun yang bergabung di 3i Networks menyadari dengan sepenuhnya bahwa kewajiban utama mereka bukan promosi atau rekrut-rekrut orang. Melainkan mereka ikut asuransi unitlink untuk belajar langsung dalam hal menabung dan investasi dengan resiko yang kecil. Dimana diharapkan dari sini mereka paham bahwa uang mereka memiliki potensi untuk bekerja sendiri, dan mungkin bisa membuat mereka pensiun dini dari kerja. Dan bila mereka nanti berhasil mengetahui manfaat ini dengan baik dan merasakan manisnya berinvestasi, semoga mereka mau meningkatkannya dalam peluang investasi yang lebih menguntungkan dengan resiko yang lebih menantang, semisal reksadana saham. Edukasi-edukasi inilah yang seharusnya dikenalkan lebih dalam, sehingga nasabah akan menjadi cerdas dan tanpa kita minta mereka mau menularkan kesempatan belajar ilmu investasi ini pada yang lain, sehingga terbangunlah nilai bisnisnya.


5. Memberikan Iming2 yang sangat menggiurkan 

- Kalo udah bintang sekian anda dapet kapal pesiar, kalo udah dapet downline sekian anda dapet sepeda motor, blablabla. Hitungan kasarnya ya, anda mau dapet kompor gas aja anda perlu ngibulin satu RT supaya mereka masuk tingkat paling bawah. Kalo yang dapet BMW ato Kapal pesiar sih, itu penipu ulung yang udah nipu sekota buat join level yang atas…

Di 3i Networks
Nah, kalau ini sekali lagi seperti yang diatas tergantung masing-masing individu leader. Ada leader yang betul-betul berniat mengedukasi market, ada juga leader yang suka gambar gembor masalah kesempatan bisnis dengan menunjukkan nilai-nilai rupiah yang bisa diraih. Pesan kami, pilihlah leader yang bisa mencerdaskan anda, sebab jujur saja setiap bisnis pasti punya resiko. Jangan terlalu percaya apa yang disampaikan leader atas potensi-potensi yang ada, sebab semua potensi itu tidak ada yang gratis, pasti dibutuhkan kerja diri dan tim yang solid. Jadi parameternya adalah kondisi bisnis itu sendiri, jangan memutuskan masuk 3i Networks karena uangnya, sebab anda bisa putus asa bila tak tercapai seperti mimpi anda. Masuklah 3i Networks karena anda niat belajar berinvestasi dengan resiko kecil, dimana uang anda aman dan akan kembali utuh, plus anda akan mendapat kuntungan investasi. Jika anda menikmati dua hal ini, maka kami yakin anda akan enjoy mengembangkan bisnis nasabah get nasabahnya, tanpa perlu bermentereng ria dengan iming-iming yang menggiurkan.. 


6. Merendahkan profesi lain

- “SI A udah kanker stadium 4, dokternya bilang umurnya tinggal 6 bulan. Tapi berkat produk kami, dia masih hidup sampai sekarang” (dokternya bloon, kami lebih pintar [pintar boongin orang])
- “Di dunia ini hanya ada 2 macam pekerjaan, Yang pertama tipe ‘kaya’ mereka berada di posisi direktur, manager, dokter, pengacara, arsitek, dan profesi2 elit lain. Mereka punya uang, tapi mereka tidak punya waktu menikmati uang mereka. Dan tipe yang kedua adalah tipe ‘santai” mereka berada di posisi cleaning service, tukang jaga warnet, pelayan toko, bapak becak, dll, Mereka punya waktu untuk menikmati uang mereka, sayangnya mereka ga punya uang” (pekerjaan kami yang terbaik,ada waktu luang dan uang)

Bah, pekerjaan tu ga cuma diliat dari gajinya Bung. Pekerjaan tu juga dinilai dari seberapa banyaknya hal yang kita kerjakan itu membantu orang lain. Menurut gua sih, masih mending semua kerjaan di atas daripada jadi penipu berkedok MLM. Tora Sudiro aja bilang “Ogah, mending gua jd g***lo”

Di 3i Networks
Apa yang disampaikan TS di Kaskus ini lagi-lagi masalah klasik para leader MLM. Bagaimana di 3i Networks? Ada, kita temukan pernyataan oknum leader yang kadang rada menghina profesi lain. Kembali kita jangan melakukan hal-hal yang lebay. Apapun profesi orang itu adalah pilihan dia, entah dia mau dapat uang banyak atau waktu banyak atau malah keduanya. Program 3i Networks memang  bisa menjadi salah satu jalan penambah income, namun bukan berarti program ini ajaib dan bim salabim akan menyulap setiap nasabahnya menjadi orang yang jauh lebih baik dibanding profesi lain. Jadi mungkin kita bisa menggunakan istilah atau kata yang lebih sopan dan menarik bagi calon nasabah untuk mengikuti jalan cerdas kita, misal "Maukah anda saya kenalin peluang mendapatkan uang tambahan untuk hari depan, tanpa meninggalkan pekerjaan yang amat anda cintai?" Lalu jelaskanlah apa saja manfaat dan resikonya, kita tidak perlu melakukan penipuan apapun pula.


7. Passive Income

- Kedengarannya sih enak, “Anda tidak bekerja demi uang, uang yang bekerja demi anda”. Tapi mari coba kita cermati passive income yang dimaksud si MLM ini dan Passive Income yang sebenarnya

a. Passice income sesungguhnya : Passive income dibangun dengan membuat sistem, bisa waralaba, maupun membuat struktur perusahaan yang rapi. Membangun asset di sini berarti anda membangun sistem managemen yang rapi

b. Passive income versi MLM : membangung asset di sini berarti membangun downline. See, Passive income yang didapat itu dari bawahan2 yang ga dapet untung sama sekali.

Di 3i Networks
Ada peluang mendapatkan passive income di 3i Networks, yaitu dari hasil investasi, yaitu saat uang anda didiamkan dalam peluang investasi tanpa ada penarikan, maka pada masa mendatang, pastilah uang itu akan berkembang berlipat-lipat. Ini dia passive income riil yang ditanda tangani dalam form resmi pendaftaran nasabah di program 3i Networks. Pasive income yang murni dari usaha investasi, bukan uang orang lain, bukan dengan mengorbankan downline. Ada atau tidak downline, ini akan tetap diterima.

Lalu bagaimana dengan kesempatan bisnisnya, nasabah get nasabah?

Kita kembali harus ingat, uang yang diberikan kepada nasabah yang berhasil membangun jaringan berasal dari 'gaji agen' yang dialihkan menjadi bonus nasabah. Jadi disini, kita melihat bahwa uang itu bukanlah uang yang berasal dari makan uang teman. Ya, memang ada akuisisi, namun lihat bahwa akuisisi itu satu paket dalam kontrak pembayaran premi. Sehingga bila nasabah memenuhi masa kontrak, tentu uangnya akan utuh, namun bila tidak maka uangnya akan terpotong oleh biaya akuisisi, dan itu semua sudah dijelaskan dari awal akad, tak ada yang disembunyikan. Jadi kalau kemudian jaringan yang dibangun agen ini besar dan ia punya passive income, ini sama saja dengan pernyataan TS diatas yang menyebut passive income sesungguhnya dibangun dengan membuat sistem manajemen yang rapi. Nasabah yang mampu membangun sistem pemasaran yang bagus maka ia akan menikmati hasil yang baik, itu layak dan itu adalah reward prestasi yang halal. Wallahualam...

Demikian inti tulisan dari TS di Kaskus tersebut, dan di bagian bawah ada tulisan MLM = Multi Lie Marketing. Harapan saya di 3i Networks tak ada leader yang 'lie' kepada dunia... tunjukan kita Leader yang Jujur dan bertanggung jawab. Nama baik Bisnis dan Perusahaan mustilah kita jaga pula. 3i Networks adalah kita, Kita adalah 3i Networks :)

Terakhir

Semoga dengan kajian ini, siapapun yang sudah terlanjur benci dengan sistem MLM bisa terbuka mata hatinya bahwa masih ada sistem MLM yang baik, tanpa merugikan siapapun.

Dan bagi kita yang sudah berada di 3i Networks, semoga tulisan saya ini dapat meningkatkan profesionalisme kita sebagai nasabah CAR yang peduli pada sesama, semata untuk membantu mereka belajar mengenal peluang investasi yang paling mudah dipahami. Janganlah kita hanya membutuhkan mereka untuk mengejar bonus-bonus saja, mari kita dampingi siapapun nasabah baru di CAR untuk dapat meneguk sepenuhnya nikmat sebagai member program 3i Networks.

Klik Disini untuk mendaftar 3i Network Bersama Tim Kami, dan Mari Belajar Investasi dari hal yang paling sederhana. Kami ada untuk mendukung anda sukses.

Oh ya, ingat kita bukan MLM, kita adalah para penabung cerdas hehehe....

Salam, 

Mas Yudi. 
3i Indonesia
3i Young Star